Minggu, 10 Mei 2020

RPP 3 PAI Kelas 7 Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 3 Pangkajene

Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester                       : VII ( Tujuh ) / Ganjil

Materi Pokok                          : Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah

Alokasi waktu                         : 3 pertemuan ( 9 x 40 menit )

                                                      

A.       KOMPETENSI INTI

KI.1

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI.2

Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI.3

Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu   pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).

KI.4

Mencoba, mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).

 

B.       Kompetensi Dasar  dan Indikator

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1

2.1.Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Baqarah ayat 42 dan hadis terkait

 

2

3.6.Memahami makna amanah sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait

 

1.      Menjelaskan pengertian amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

2.      Menjelaskan makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

 

3

2.5  Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait

 

 

4

4.6  Mencontohkan perilaku amanah sesuai kandungan dari surah al-Anf±l/8:27 dan hadis terkait

1.      Menunjukkan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

 

5

Memahami makna istiqamah sesuai kandungan surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis terkait

1.      Menyebutkan pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

2.      Menjelaskan makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

 

6

Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis terkait

 

7

Mencontohkan perilaku istiqamah sesuai kandungan surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis terkait

1.      Menunjukkan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

C.       Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama :

Melalui pengkajian  tentang Jujur siswa dapat :

1.         Menyebutkan pengertian jujur, sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait dengan benar

2.         Menjelaskan makna jujur sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait dengan benar

3.         Menunjukkan contoh jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Baqa­rah/2:42 dan hadis yang terkait dengan benar

 

Pertemuan Kedua :

Melalui pengkajian  tentang Amanah siswa dapat :

1.         Menjelaskan  pengertian amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan benar.

2.         Menjelaskan makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan benar

3.         Menunjukkan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan benar

 

Pertemuan Ketiga :

1.         Menyebutkan pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait dengan benar.

2.         Menjelaskan makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait dengan benar.

3.         Menunjukkan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait dengan benar.

 

D.       MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama :

1.         Pengertian jujur, sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait.

2.         Makna jujur sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait.

3.         Contoh jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Baqa­rah/2:42 dan hadis yang terkait.

 

Pertemuan Kedua :

1.         Pengertian amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

2.         Makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

3.          Contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

Pertemuan Ketiga :

1.         Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis yang terkait.

2.         Makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis yang terkait.

3.         Contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis yang terkait.

 

E.       METODE PEMBELAJARAN

1.         Pendekatan Scientific

2.         Metode diskusi, drill, dan demontrasi

 

F.        SUMBER BELAJAR

1.         Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama RI tahun 2006

2.         Buku teks siswa PAI SMP kelas VII

3.         Buku-buku lain yang sesuai

G.      MEDIA PEMBELAJARAN

1.         Media

a.    Video Pembelajaran

b.    CD Pembealajaran tentang Amanah interaktif

2.         Alat

a.    Laptop

b.    LCD Proyektor

 

H.      LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama :

1.         Kegiatan Awal (  10 menit )

a.    Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa bersama.

b.    Guru mengajaksiswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.

c.    Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku amanah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.

d.    Guru menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar  dan tujuan yang akan dicapai.

e.    Guru menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

f.     Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

2.         Kegiatan Inti  (  100 menit )

a.    Siswa menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

b.    Siswa membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

c.    Siswa mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan Amanah.

d.    Siswa mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap Amanah

e.    Siswa memaparkan hubungan antara amanah dalam kehidupan sehari-hari.

f.     Siswa menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.

g.    Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku amanah.

h.    Siswa mencari,menemukan dan mengklasifikasikan amanah melalui pemahaman terhadap arti ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Q.S. al-Anfal/8: 27  dan hadis terkait).

3.         Kegiatan Akhir (  20 menit )

a.    Dibawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.

b.    Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

c.    Guru member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi perilaku amanah

d.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampikan tugas mandiri terstruktur.

e.    Besama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a.

 

Pertemuan Kedua :

1.         Kegiatan Awal (  10 menit )

a.    Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa bersama.

b.    Guru mengajaksiswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.

c.    Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku amanah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.

d.    Guru menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar  dan tujuan yang akan dicapai.

e.    Guru menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

f.     Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

 

 

2.         Kegiatan Inti  (  100 menit )

a.    Siswa menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

b.    Siswa membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

c.    Siswa mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan Amanah.

d.    Siswa mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap Amanah

e.    Siswa memaparkan hubungan antara amanah dalam kehidupan sehari-hari.

f.     Siswa menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.

g.    Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku amanah.

h.    Siswa mencari,menemukan dan mengklasifikasikan amanah melalui pemahaman terhadap arti ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Q.S. al-Anfal/8: 27  dan hadis terkait).

3.         Kegiatan Akhir (  20 menit )

a.    Dibawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.

b.    Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

c.    Guru member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi perilaku amanah

d.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampikan tugas mandiri terstruktur.

e.    Besama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a.

 

Pertemuan Ketiga :

1.         Kegiatan Awal ( Apersepsi )

a.    Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa bersama.

b.    Guru mengajak siswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.

c.    Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku istiqamah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.

d.    Guru menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar  dan tujuan yang akan dicapai.

e.    Guru menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan

f.     Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

2.         Kegiatan Inti  

a.    Siswa menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari surah Al- Ahqof/46:13 dan hadis terkait.

b.    Siswa membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari surah Al- Ahqof/46:13  dan hadis yang terkait.

c.    Siswa mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan istiqamah.

d.    Siswa mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap istiqamah.

e.    Siswa memaparkan hubungan antara istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.

f.     Siswa menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.

g.    Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku istiqamah.

h.    Siswa mencari,menemukan dan mengklasifikasikan istiqamah melalui pemahaman terhadap arti ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Al- Ahqof/46:13 dan hadis terkait).

3.         Kegiatan Akhir ( Penutup )

a.    Dibawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.

b.    Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

c.    Guru member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi perilaku istiqamah.

d.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampikan tugas mandiri terstruktur.

e.    Besama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a.

Mengetahui,                                                                            Pangkep,     Juli 2020

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran PAI

 

 

 

 

 

AMBO SAKKA, S., AG., M. SI.                                            MUNAWIR. S., S. Pd.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar