RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP
Negeri 3 Pangkajene
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII ( Tujuh ) / Ganjil
Materi Pokok :
Hidup Tenang dengan
Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah
Alokasi waktu : 3 pertemuan ( 9 x 40 menit )
A. KOMPETENSI
INTI
KI.1 |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya. |
KI.2 |
Menghargai,
dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
KI.3 |
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait
penomena dan kejadian yang tampak
mata). |
KI.4 |
Mencoba, mengolah, dan
menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori). |
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
No |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
1 |
2.1.Menghargai
perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Baqarah ayat
42 dan hadis terkait |
|
2 |
3.6.Memahami makna amanah
sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait |
1. Menjelaskan pengertian amanah sebagai implementasi dari
surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait. 2. Menjelaskan makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27
dan hadis yang terkait. |
3 |
2.5
Menghargai perilaku amanah sebagai
implementasi dari surah al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait |
|
4 |
4.6
Mencontohkan perilaku amanah sesuai
kandungan dari surah al-Anf±l/8:27 dan hadis terkait |
1. Menunjukkan contoh perilaku amanah sebagai implementasi
dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait. |
5 |
Memahami makna istiqamah sesuai kandungan surah al-
Ahq±f/46:13 dan hadis terkait |
1. Menyebutkan pengertian istiqamah sebagai implementasi dari
pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait. 2. Menjelaskan makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman
surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait. |
6 |
Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari
pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis terkait |
|
7 |
Mencontohkan perilaku istiqamah sesuai kandungan surah al-
Ahqaf/46:13 dan hadis terkait |
1.
Menunjukkan contoh
perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al-
Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait. |
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama :
Melalui
pengkajian tentang Jujur siswa dapat :
1.
Menyebutkan pengertian
jujur, sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait dengan benar
2.
Menjelaskan makna
jujur sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait dengan benar
3.
Menunjukkan contoh
jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Baqarah/2:42 dan hadis yang
terkait dengan benar
Pertemuan
Kedua :
Melalui
pengkajian tentang Amanah siswa dapat :
1.
Menjelaskan pengertian amanah sebagai implementasi
dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan benar.
2.
Menjelaskan makna amanah
sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan
benar
3.
Menunjukkan contoh
perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang
terkait dengan benar
Pertemuan
Ketiga :
1.
Menyebutkan pengertian
istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis
yang terkait dengan benar.
2.
Menjelaskan makna
istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis
yang terkait dengan benar.
3.
Menunjukkan contoh
perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13
dan hadis yang terkait dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama :
1.
Pengertian jujur,
sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait.
2.
Makna jujur sesuai dengan
surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait.
3.
Contoh jujur sebagai
implementasi dari pemahaman surah al-Baqarah/2:42 dan hadis yang terkait.
Pertemuan
Kedua :
1.
Pengertian amanah
sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
2.
Makna amanah sebagai
implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
3.
Contoh perilaku amanah sebagai implementasi
dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
Pertemuan
Ketiga :
1.
Pengertian istiqamah
sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis yang
terkait.
2.
Makna istiqamah
sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis yang
terkait.
3.
Contoh perilaku
istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis
yang terkait.
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan
Scientific
2.
Metode
diskusi, drill, dan demontrasi
F.
SUMBER BELAJAR
1.
Al-Qur’an
dan Terjemahnya Departemen Agama RI tahun 2006
2.
Buku
teks siswa PAI SMP kelas VII
3.
Buku-buku
lain yang sesuai
G.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a. Video
Pembelajaran
b. CD Pembealajaran
tentang Amanah interaktif
2.
Alat
a. Laptop
b. LCD Proyektor
H. LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama :
1.
Kegiatan
Awal ( 10 menit )
a.
Guru
mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa
bersama.
b.
Guru
mengajaksiswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.
c. Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan
tentang manfaat perilaku amanah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
d.
Guru
menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar
dan tujuan yang akan dicapai.
e.
Guru
menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan
f.
Guru
membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan
Inti ( 100 menit )
a.
Siswa
menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah
sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
b.
Siswa
membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai
implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
c.
Siswa
mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan Amanah.
d.
Siswa
mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang
diawali dari sikap Amanah
e.
Siswa
memaparkan hubungan antara amanah dalam kehidupan sehari-hari.
f.
Siswa
menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
g.
Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh
perilaku amanah.
h.
Siswa
mencari,menemukan dan mengklasifikasikan amanah melalui pemahaman terhadap arti
ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Q.S. al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait).
3.
Kegiatan
Akhir ( 20 menit )
a.
Dibawah
bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru
member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam
mengidentifikasi perilaku amanah
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan
menyampikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Besama-sama
menutup pelajaran dengan berdo’a.
Pertemuan
Kedua :
1.
Kegiatan
Awal ( 10 menit )
a.
Guru
mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa
bersama.
b.
Guru
mengajaksiswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.
c. Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan
tentang manfaat perilaku amanah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
d.
Guru
menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
e.
Guru
menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan
f.
Guru
membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan
Inti ( 100 menit )
a.
Siswa
menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah
sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
b.
Siswa
membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai
implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
c.
Siswa
mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan Amanah.
d.
Siswa
mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang
diawali dari sikap Amanah
e.
Siswa
memaparkan hubungan antara amanah dalam kehidupan sehari-hari.
f.
Siswa
menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
g.
Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh
perilaku amanah.
h.
Siswa
mencari,menemukan dan mengklasifikasikan amanah melalui pemahaman terhadap arti
ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Q.S. al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait).
3.
Kegiatan
Akhir ( 20 menit )
a.
Dibawah
bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru
member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam
mengidentifikasi perilaku amanah
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampikan
tugas mandiri terstruktur.
e.
Besama-sama
menutup pelajaran dengan berdo’a.
Pertemuan
Ketiga :
1.
Kegiatan
Awal ( Apersepsi
)
a.
Guru
mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa
bersama.
b.
Guru
mengajak siswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.
c. Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan
tentang manfaat perilaku istiqamah atau pertanyaan lain yang relevan dan
aktual.
d.
Guru
menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar
dan tujuan yang akan dicapai.
e.
Guru
menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan
f.
Guru
membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku istiqamah
sebagai implementasi dari surah Al- Ahqof/46:13 dan hadis terkait.
b.
Siswa
membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku istiqamah sebagai
implementasi dari surah Al- Ahqof/46:13 dan hadis yang terkait.
c.
Siswa
mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan istiqamah.
d.
Siswa
mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang
diawali dari sikap istiqamah.
e.
Siswa
memaparkan hubungan antara istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
f.
Siswa
menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
g.
Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh
perilaku istiqamah.
h.
Siswa
mencari,menemukan dan mengklasifikasikan istiqamah melalui pemahaman terhadap
arti ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Al- Ahqof/46:13 dan
hadis terkait).
3.
Kegiatan
Akhir (
Penutup )
a.
Dibawah
bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru
member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam
mengidentifikasi perilaku istiqamah.
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan
menyampikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Besama-sama
menutup pelajaran dengan berdo’a.
Mengetahui, Pangkep, Juli 2020
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PAI
AMBO SAKKA, S., AG., M. SI. MUNAWIR. S., S. Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar